Tuesday 31 July 2012

Pernikahan Sepupu Cirebon #lagi



Sunrise di daerah Karawang, disana sunrise bisa sampai 06.30 wib.

Pengantin. Alasan kenapa mudik sebelum puasa. Selamat yah semoga langgeng.
 

Sawer: Antusias para tetangga ketika akan diadakan saweran. Saweran biasa berisiuang receh dengan nominal Rp 200 - Rp 1.000.  Prosesi saweran adalah sebagai tanda syukur atas rizki dan nikmat atas kelancaran segala urusan yang kita lakukan, tanda syukur ini diaplikasikan dengan berbagi dengan tetangga, yaitu menyawerkan uang dan para tetangga rebutan. Tidak hanya anak kecil pesertanya, tapi ibu-ibu dan bapak-bapakpun terkadang turut serta. Lihat! mereka tidak perduli debu tanah merah yang beterbangan, yang penting berhasil menangkap receh yang disawer :)

Lihat, si bapak sedang mengecek berapa rupiah dia peroleh. Bapaknya curang nih, masa pake wadah nadahinnya. ckckc.. tapi gapapalah, yang penting happy dan dapet ya Pak. haaa..
 
Ada gong ada gamelan ada kening dkk. Inilah alat-alat musik yang digunakan untuk gelaran wayang nanti malam.
  

Gendang. Posisi panggung wayang yang dijadikan pangguna tari topeng ini menghadap pelaminan pengantin, sehingga pengantin dapat serta menikmati gelaran acara tersebut. (lumayan nggak bosen yah pengantinnya)

Tari topeng. Saya terlambat sehingga tidak menyaksikan ketika para penari mengenakan topengnya. Yang saya dengar adalah tari topeng yang dibawakan tari topeng modern, jadi tidak sepanjang tarian mengenakan topeng. Tari topeng berasal dari Cirebon - Jawa Barat. Terimakasih Tuan Hajat, karena mau berbagi memperkenalkan hiburan tradisional ke kami anak muda :)
 
Bodoran. Si kakek disamping penari adalah dalang dari para penari topeng, Namun untuk mengisi waktu istirahat penari, salah satu penari bermain bodoran bersama dalang, kalau bahasa Indonesianya adalah Lawakan Ringan. Biasanya diwaktu ini banyak para tamu yang meminta lagu. Biasanya juga adalah bapak-bapak.

Wayang: inilah formasi para pemasin musik, dalang, dan pesinden. Wayang ini menghadirkan sinden artis cirebon, yaitu Iwi S. Sinden ini diundang secara khusus oleh tuan rumah, karena jika tidak maka dalang bisa membawa sinden sendiri.


Layar Wayang. Ketika malah hari wayang ditampilkan dibalik layar putih yang diberi lampu dibelakang. Sehingga penonton hanya melihat bayangan dari wayang yang dimainkan, namun ketika wayang dimainkan siang hari biasanya tanpa layar, sehingga penonton bisa melihat secara langsung, Saya tidak tahu pasti kenapa ditampilkan dibelakang layar ketika malam hari, namun yang pernah saya dengan adalah karena wayang terbuat dari kulit dan dikhawatirkan hujan, jika hujan turun dan wayang tidak terlindung maka wayang akan rusak tersiram air. jadi kikil mungkin yah, hehehe... oh ya, jaman dulu wayang digunakan sebagai perantara penyebaran islam oleh Sunan Kalijaga, karena masyarakat jaman dulu sangat gemar terhadap wayang, sehingga wayang menjadi perantara yang sangat tepat.

Barisan wayang, Disetiap pinggiran tempat wayang ditancapkan, terdapat deretan wayang-wayang sebagai pelengkap tampilan wayang. Wayang-wayang yang berada dideretan pinggiran dan tertumpuk ini biasanya tidak digunakan untuk jalan cerita, namun mereka disusun dengan sebuah panduan.

Ini adalah contoh dari wayang, saya tidak tahu ini wayang apa namanya. Yang jelas benduknya seperti gunungan wayang dan mewakili wayang jenis buto (setan)

Berfoto bersama pengantin. Ibu-ibu disamping saya yang juga berkebaya warna hijau ini adalah sinden, dia bernama Iwi S, dan salah satu artis Cirebon yang cukup terkenal. Banyak lagunya yang saya tahu, seperti Telaga remis, sendal barepan, sega jamblang, dll.

Gunungan Wayang. Iniadalah bayangan dari gunungan wayang ketika dimainkan, Gunungan wayang dimainkan sebagai pembuka sebelum tetalu sampai tetalu selesai. Tetalu adalah sebuah prosesi pembuka sebelum pertunjukan wayang inti dimulai.

Kitab Suci Pesinden, Ternyata pesinden membawa buku yang berisi lirik-lirik lagu. Saya kira mereka hapal total seluruh lagu yang ada di Jagat Raya. hahaa

Sinden in Action. Sinden Iwi. S sedang beraksi dengan suara emasnya, didampingi oleh asistennya. Tugas asisten biasanya meyusun daftar lagu yang dipesan oleh para tamu.

Aksi dibalik layar. Inilah aksi pedalang. warna merah dilayar adalah hasil tembak dari lampu panggung yang memang khusus disorot ke lapangan wayang beraksi.


No comments:

Post a Comment

Monggo komennya tak enteni loh :)