Sunday, 30 December 2012

Obat Bisul Paling Manjur

Awalnya saya ingin me-share tips ini awal tahun, tapi nyatanya bisul saya sudah 73% sembuh diakhir tahun. Jadi sebaiknya saya share sekarang. Tanpa bertele-tele saya katakan bahwa obat manjur untuk menyembuhkan bisul versi gw adalah:
1. Revanol
Cairan pembersih/kompres berwarna kuning. Cukup yang botol kecil saja, kecuali jika kalian kepengen bisulnya nangkring sebulan. Maka wajib ambil yang besar. Cairan ini berfungsi untuk mengompres dan membersihkan bisul. Saran, jika akan pergi dan ingin bisul tetap terkompres, harap pakai kapas yang cukup tebal lalu jangan terlalu banyak revanolnya, karena bisa kelihatan kaya orang ngompol kalo kebanyakan (tembus). Itulah yang saya alami


2. Ichtyol/salep hitam/salep kodok
Saran dari teman sebenarnya adalah telor kodok asli, tapi karena susah dicari maka saya membeli salep ichtyol. Ichtyol adalah salep warna hitam yang memang digunakan khusus untuk bisul sejak jaman oom saya masih hidup. Makanya ketika tumbuh bisul, obat ini adalah yang saya ingat pertama kali. Perlu diperhatikan ketika menggunakan salep ini jangan pergi-pergi atau menggunakan celana warna cerah (wajib hitam), kalau nggak bakal keliahatan kaya cewe lagi dapet, kalau nggak, coba tiban dengan kapas biar gak nempel kecelana salepnya (kejadian sama gw)

3. Bawang putih
Saran mengenai penggunaan bawang putih saya dapat dari teman-teman saya. Ada dua cara penggunaanya, pertama iris bawang putih lalu gosokkan ke bisul sampai pecah. Cara kedua adalah keprak dan cah halus bawang putih lalu tempelkan dibisul. Menurut saya lebih efektif cara kedua, jadi saya tempelkan bawang putih kebisul saya. Rasanya .... panas dan perih. Bawang putih mengakibatkan kulit melepuh dan menipiskan kulit. Olehkarena itu saya hanya dua kali mencoba bawang putih, setelah itu tidak. Panas dan perihnya tingkat dewa.

4. Betadine
Ini gw gunain ketika bisul pecah, sebagai usaha untuk menghentikan darah. Tapi saya sedikit menggunakan betadine, karena memang darahnya susah berhenti, sudah sehari belum berhenti, mungkin ini yang namanya pendarahan minor :D, bahkan sampai ngetik ini juga kadang masih keluar. Maklumlah bisulnya belom tuntas yang keluar, tapi udah susah buat dikeluarin secara paksa.

4. Jarum
Nah ini adalah senjata menjelang kejenuhan menunggu bisul yang nggak pecah-pecah, tapi ternyata nggak efektif. Cuma sakit dan keluar tiga tetes darah lalu berhenti. Mungkin lokasi penusukan yang salah, jadi nggak ada nanah yang keluar.

5. PIN
Bukan pin bb apalagi pin atm. Tapi adalah sejatinya pin yang digunakan dibaju. Cari pin yang memiliki bentuk berpita seperti pita untuk tulisan bhineka tunggal ika diburung garuda.

Gw menggunakan senjata ini ketika gw sudah bener-bener putus asa. Setelah seharian belom makan karena udah pasrah gak bisa jalan saking sakitnya bisul. Dengan melihat kondisi ini operasi mandiripun terjadi.

- Pertama ambil posisi ternyaman, yaitu posisi yang memungkinkan bisul terlihat oleh kita jika kita melakukan tindakan ini sendirian. Saya melakukannya sambil tiduran, karena membuat saya melihat si bisul. 

- Bersihkan pin yang akan digunakan terutama bagian pitanya. periksa apakah ada teyeng atau tidak, jika teyeng harap ganti dengan pin lain. 

- Kemudian tekan bisul dari sisi lingkar terluar sampai terlihat menggunung. Lalu lihatlah ketidak harmonisan ukuran pantat kalian untuk terakhir kalinya, siapa tau kepengen tau beda tingginya segimana. 

- Selanjutnya adalah cari titik bisul yang akan dijadikan lokasi pembedahan, lokasi dicari dengan diraba, yaitu ambil lokasi puncak bisul yang agak gembur atau diposisi mata bisul, kebetulan mata bisul saya tidak terlihat, jadi saya ambil yang gembur. 

- Setelah itu tusuk perlahan lalu tarik keatas kulitnya. Sampai nanahnya menyembur keluar. Jangan lupa sediakan kain atau tisu untuk mengelap nanah yang ada.

- Setelah itu tekan dan terus tekan sampai nanah dan darah berhenti. pada sesi akhir biasanya darah yang keluar akan bening, dan cairan itu akan terasa sangat gatal. Jadi sediakan tangan bersih untuk menggaruk yah. 

- Setelah selesai, bersihkan bisul yang kempes dengan revanol, balur dengan betadine, lalu kompresi lagi dengan revanol. 

- Coba untuk berdiri dan rasakan. Ya kita langsung bisa jalan. Saya langsung jalan duduk nonton tivi untuk mengecek masih sakit atau tidak. dan hasilnya aman.

Demikian tips menangani bisul dari saya, ini semua hanya cara pribadi dan sudah dapat dipastikan cara saya adalah tidak aman. Pemecahan sebaiknya dilakukan oleh dokter agar aman. Kenapa saya tidak kedokter? karean saya tidak bisa jalan dan tidak ada yang bisa mengantar saya kerumah sakit saat itu, menyedihkan memang, tapi saya jadi tau sensasinya menikmati setiap tikaman jarum dan pin diatas pantat saya :D